Skip to content

Tips Mengenal Kompor Induksi

April 11, 2011

Kompor induksi bisa menjadi idola baru bagi profesional dan pecinta masak. Sifatnya yang mudah panas dan aman disentuh anak kecil membuatnya tampak begitu mewah. Sayangnya pengunaan kompor induksi belum populer di Indonesia.

KOK BISA TANPA API?

Salah satu perbedaan mencolok kompor induksi dengan kompor lain adalah tidak adanya api dalam proses memasak. Hal yang juga menjadi keuntungan ini sempat membuat bingung ibu-ibu yang tertarik. Rasa curiga pun muncul kendati cara kerjanya yang tidak umum.

Secara garis besar kompor induksi adalah kompor yang bekerja akibat efek induksi yang diakibatkan oleh arus listrik yang melewati kumparan yang ada dalam kompor tersebut. Sama seperti kompor listrik biasa, kompor induksi juga menggunakan energi listrik.. Kompor listrik biasa menggunakan filamen untuk menghasilkan panas, sedangkan kompor induksi menggunakan alat masak itu sendiri (panci atau kuali) untuk menghasilkan panas.
Hanya dengan mencolokkan kabel kompor listrik dan atur suhunya mulai 80°C sampai 280°C. Meskipun temperaturnya panas, kompor yang satu ini tidak akan berasa panas jika di pegang pada bagian manapun karena sistemnya yang hanya memanaskan daerah sekitar alas. Rahasianya ada pada panel dari keramik yang hanya berefek panas pada alat masak berdasar logam.

KEISTIMEWAAN KOMPOR INDUKSI :

  • TIDAK BERBAHAYA

Kompor induksi tidak mengeluarkan api, akibatnya kecil kemungkinan akan terjadi luka bakar. Selain itu, proses ini juga tidak memanaskan udara di sekitarnya, sehingga orang yang sedang berada di dekat kompor tidak akan merasa kepanasan. Alat masak pun lebih awet karena tidak menghitam akibat api.

  • HEMAT

Penghematan dari energi saja mencapai lebih dari 72% daripada kompor lain membuat kompor induksi efisien dan ramah lingkungan. Dengan adanya timer otomatis satu hingga dua belas jam dan pengaturan waktu memasak mulai dari 1 hingga 180 menit maka energi tidak akan terbuang dengan percuma dan mengurangi kemungkinan gas yang meledak. Dilengkapi dengan 7 metode memasak sehat (dikombinasikan dengan pola pemanasan yang tepat dan unik) memanaskan,  merebus, mengukus, menggoreng, membuat sup/bubur dan menghangatkan.

Bukan berarti penggunaan api dalam memasak menjadi kuno dengan berbagai kelebihan kompor induksi. Ada beberapa masakan yang harus menggunakan api seperti panggangan dan BBQ tidak akan bisa digantikan dengan kompor induksi. Alat masak dengan keramik, pot, dan gelas tidak bisa menjadi pasangan kompor induksi.

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.